Sertifikasi Bendahara Universitas Sebelas Maret 2018

Peraturan Presiden No. 7 tahun 2016, pasal 2 menyebutkan “PNS, anggota Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan diangkat sebagai Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, atau Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, harus memiliki Sertifikat Bendahara.

Dalam rangka melaksanakan Peraturan Presiden tersebut dan untuk meningkatkan kompetensi personil bendahara di lingkungan Universitas Sebelas Maret agar dapat menunjang peningkatan pelayanan di Bidang Keuangan, diadakan ujian sertifikasi bagi bendahara di lingkungan Universitas Sebelas Maret yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Direktorat Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Tujuan dari pelaksanaan Sertifikasi Bendahara adalah :

  • Menentukan kelayakan dan memberikan pengakuan atas kompetensi Bendahara untuk melaksanakan tugas kebendaharaan dalam rangka pelaksanaan APBN;
  • Meningkatkan dan menjamin pemeliharaan mutu kompetensi Bendahara untuk melaksanakan kebendaharaan dalam rangka pelaksanaan APBN;
  • Meningkatkan profesionalisme Bendahara dalam pengelolaan keuangan negara; dan
  • Mendukung tercapainya peningkatan kualitas pengelolaan keuangan

Ujian Sertifisikasi Bendahara dilaksanakan pada tanggal 28 sd 30 Juni 2018 dan diikuti oleh 20 (dua puluh) orang bendahara di Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari 1 (satu) bendahara penerima dan 19 (sembilan belas) Bendahara Pengeluaran Pembantu di lingkungan Univesritas Sebelas Maret. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Mohammad Jamin, SH, M.Hum, dan ditutup oleh Kepala Biro Keuangan dan Umum, Ariadhie Nursasongko, SH. Sebagai ketua dalam kegaitan ini adalah Kepala Bagian Keuangan, Dananag Tomi Harjanto, S. Sos

Narasumber kegiatan ujian Sertifikasi Bendahara berasal dari Direktorat Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang terdiri dari 4 (empat) orang narasumber yaitu :

  1. Suharno (Kasubdit. Standardisasi dan Pengembangan Kapasitas pengelola Perbendaharaan)
  2. Ismail (Kasubdit. Standardisasi dan Pengembangan Kapasitas pengelola Perbendaharaan II)
  3. Ahmad Iqbal Zakyuddin (Pelaksana Direktorat Perbendaharaan)
  4. Anwar Arafat (Pelaksana Direktorat Perbendaharaan)

Mekanisme dan rancangan kegiatan ujian sertifikasi dimulai dengan paparan/refreshment pengetahuan bendahara terkait perbendaharaan, dilanjutkan dengan ujian dengan mekanisme Computer Based Test (CBT), dan dilaksanakan secara online.

Setelah ujian selesai, pada hari itu juga, 30 Juli 2018, hasilnya dapat langsung diketahui dan sesuai dengan hasil yang diserahkan menerangkan bahwa seluruh peserta Ujian dinyatakan “LULUS” dan berhak mendapat sebutan Bendahara Negara Tersertifikasi.

(Bag. Keuangan KP UNS)